SUBAHANALLAH...

Saturday, October 31, 2009

RENUNGAN BUAT KITA BERSAMA

Ilmu buat diriku……
Sayidina Ali menuturkan, Rasulullah saw. Bersabda : ”Ilmu itu laksana lemari (yang tertutup rapat) dan kunci pembukanya adalah pertanyaan. Oleh sebab itu bertanyalah kalian karena sesungguhnya dalam tanya jawab diturunkan empat macam pahala, yakni untuk penanya, orang yang berilmu (yang sedang menjawab pertanyaan), parapendengar, dan orang yang mencintai mereka.” (HR. Abu Nu’aim).

tazkirah ringkas edisi subuh : Tiga perkara yang membuat manusia itu rugi dan menyesali di hari akhirat nanti: 1. orang yang mengisi waktu hidupnya dengan pengangguran atau kegiatan yang tidak ada makna taat kpd Allah. 2. Membiarkan dirinya melakukan hal-hal yang membawa kerugian 3. mati sedang dia belum sadar dan masih dalam kelalaian kepada Allah akan diri dan hidupnya.

Tidak ada kebaikan bagi pembicaraan kecuali dengan amalan. Tidak ada kebaikan bagi harta kecuali dengan kedermawanan. Tidak ada kebaikan bagi sahabat kecuali dengan kesetiaan. Tidak ada kebaikan bagi sedekah kecuali niyt yang ikhlas. Tidak ada kebaikan bagi kehidupan kecuali kesihatan dan keamanan. -Al-Ahnaf bin Qais

Saidina Ali berkata: “Wahai manusia, jagalah wasiatku. Jika kamu memegangnya erat-erat dengan segala kesiapan sehingga kamu dapat melaksanakannya, kamu tidak akan dapat keuntungan yang lebih besar darinya. Wasiat itu adalah : 1.Hendaklah kamu tidak berharap kecuali kepada Tuhanmu. 2.Hendaklah kamu tidak takut kecuali kepada dosa-dosamu. 3.Hendaklah kamu tidak malu untuk belajar jika tidak tahu. 4.Hendaklah orang yang alim berkata : “Aku tidak tahu, “ apabila dia memang tidak tahu.

Manusia yang paling lemah ialah orang yang tak sanggup cari teman dan yang paling lemah daripada itu ialah orang yang mensia-siakan teman yang telah diperolehinya -Imam Al-Ghazali
Renung fikiranmu, ia menjadi kata-kata;Renung kata-katamu, ia menjadi perbuatan;Renung perbuatanmu, ia menjadi amalan;Renung amalanmu, ia adalah sifat dirimu.

No comments:

Post a Comment

HaLWa MatA & TeLinGa

Loading...

Mari Berdoa Bersama2